Mengatasi Stuck dalam Menulis


 
Stuck, atau istilah lainnya jenuh. Memang, terkadang ketika kita menulis, rasa jenuh pasti akan datang. Jangan khawatir. Bukan hanya kamu kok yang mengalaminya. Penulis lain juga mengalami hal itu. Bahkan penulis senior pun, yang sudah melahirkan banyak buku, juga akan mengalami masa-masa jenuh.

Bagaimana mengatasinya? Semua masalah pasti memiliki jalan keluar. Termasuk stuck ini.
Pertama, berhentilah menulis sejenak. Dan cobalah untuk jalan-jalan. Tidak perlu terlalu jauh, cukup di sekitar lingkunganmu saja. Untuk refreshing pikiran. Agar ide mengalir lagi.
Kedua, dengarkanlah musik untuk mengatasi rasa bosanmu. Jangan musik yang terlalu berat. Lebih bagus lagi kalau musik klasik yang katanya bisa menenangkan pikiran. Kalau kamu tidak begitu suka musik klasik, dengarkan saja musik yang kamu suka.
Ketiga, baca buku. Eits, baca buku bukan berarti malam menambah stress lho. Justru dengan kamu membaca buku, kamu akan termotivasi untuk menghasilkan karya seperti buku yang kamu baca. Kamu akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk menyelesaikan naskahmu.
Keempat, nonton film. Upss, asal jangan keterusan saja yaa, hehehe .... Menonton film bisa membuat otakmu kembali segar. Dan siapa tahu ada ide yang melintas di otak untuk kamu tambahkan ke dalam naskah.
Oke, itulah beberapa cara untuk mengatasi stuck. Semoga bermanfaat. J

Penulis

Desi Tri Rahmawati

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Loka Media

Loka Media adalah penerbit indie dan sudah merambah ke mayor. Menerbitkan naskah fiksi maupun nonfiksi. Beberapa buku terbitan Loka Media sudah dipasarkan di toko buku offline seperti Gramedia dan toko online. Selain versi cetak, versi digital juga tersedia di Google Play. Berdiri pada tanggal 17 Februari 2016. Nama ‘loka’ ditemukan dari sinonim ‘dunia’. Sedangkan ‘media’ adalah sarana untuk menampung karya-karya penulis. Memiliki makna atau doa agar karya-karya penulis yang diterbitkan di Loka Media bisa mendunia.

Address:

Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Work Time:

Monday - Saturday from 8am to 4pm

Phone:

+62 838 1519 3962